Pemerintah Kabupaten Bekasi Gelar Pangan Murah Serentak di Sembilan Desa

2 views

RANNEWS.CO.ID, SERANG BARU – Pemerintah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan kegiatan Gelar Pangan Murah yang dilaksanakan serentak di 9 desa dalam rangka mensubsidi kebutuhan bahan pokok dengan harga yang sangat terjangkau.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, saat membuka sekaligus meninjau secara langsung kegiatan Gelar Pangan Murah di Desa Sukasari Kecamatan Serang Baru, menyampaikan bahwa jelang lebaran atau Idul Fitrim harga-harga kebutuhan bahan pokok seperti beras, telur, minyak selalu mengalami lonjakan harga.

Meskipun berdasarkan informasi dari Bulog untuk ketersediaan bahan pangan di Kabupaten Bekasi saat ini mencukupi. Namun dengan adanya kenaikan harga bahan pokok ini tentu menyulitkan masyarakat, apalagi secara ekonomi juga masih tergolong kurang mampu.

“Gelar Pangan Murah ini menyasar desa-desa yang memang berdasarkan data Food Security and Vulnerability Atlas (FsVA) atau Peta Kerawanan dan Keamanan Pangan yang ada pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi masuk dalam kategori agak rawan pangan,” ungkapnya ditemui usai kegiatan pada Rabu (27/03/2024).

Selain Gelar Pangan Murah, Dani Ramdan mengatakan, Pemkab Bekasi juga mengambil langkah intervensif lainnya dalam menjaga ketersediaan dan pasokan bahan pangan untuk masyarakat di Kabupaten Bekasi. Di antaranya melalui Operasi Beras Murah di tiap Kecamatan, memasok langsung beras dari Bulog kepada distributor atau toko penjual beras, serta penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Daerah dalam bentuk beras.

“Jadi ini untuk memotong rantai pasok sehingga tidak langsung ke Distributor besar terlebih dahulu, tetapi langsung ke pengecer-pengecer sehingga harganya bisa lebih ditekan. Dan banyak upaya lainnya termasuk dalam upaya meningkatkan produksi pangan itu sendiri,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi, Abdur Rofiq menambahkan, dalam kegiatan Gelar Pangan Murah ini pihaknya menyiapkan sebanyak 3.600 paket sembako bersubsidi yang berisi Beras Premiun 5 kg, Tepung Terigu 1 kg, Gula Pasir 1 kg, Minyak Goreng 1 Liter, dan telur ayam 500 gram.

“Secara serentak kegiatan ini kita selenggarakan untuk 3.600 KK yang tersebar di sembilan desa dari delapan kecamatan se – Kabupaten Bekasi yang menjadi sasaran dari kegiatan tersebut. Dan masyarakat dapat menebus paket sembako murah tersebut dengan harga RP 36.400,” jelasnya.

Sekretaris Camat Serang Baru, Irwan Kurniawan berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut di dua desa di wilayah Serang Baru yakni Desa Sukasari dan Desa Sukaragam. Bantuan subsidi paket sembako yang diterima oleh warganya sangat membantu ditengah naiknya harga bahan pokok jelang lebaran ini.

“Atas nama Camat Serang Baru, saya mengucapkan terimakasih untuk kegiatan Gelar Pangan Murah yang dilaksanakan di Kecamatan Serang Baru. Terlebih Grand Opening kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj Bupati Bekasi di Desa Sukasari, ini menjadi keberkahan tersendiri dan warga juga tadi antusias turut hadir mengikuti jalannya kegiatan dengan tertib,” katanya.

Irwan menyebutkan, bantuan subsidi paket sembako tersebut disediakan untuk 400 KK di Desa Sukasari dan 400 KK di Desa Sukaragam untuk warga yang masuk Kategori Agak Rawan Pangan. Selain itu juga diimbau agar masyarakat dapat lebih bijak dalam berbelanja jelang lebaran ini. (red)