Dinas KUKM Berikan Pelatihan Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam

5 views

RANNEWS.CO.ID, BEKASI – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam selama dua hari di Hotel Swiss Belinn Cikarang Jababeka pada Rabu (13/7/22).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pengurus koperasi dalam melakukan penilaian kesehatan serta dapat membaca dan menganalisa hasil penilaian kesehatan koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna mengatakan, bahwa koperasi yang melaksanakan pengelolaan keuangan secara riil wajib untuk dilakukan penilaian kesehatan pengelolaan keuangan oleh tim yang dibentuk dari dinas atau instansi yang bersangkutan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam undang-undang.

“Ya, betul dengan adanya koperasi ini pengelolaan keuangan akan menjadikan riil,serta yang terkait dari dinas dan instansi tersebut,” katanya.

Iyan Priyatna menjelaskan, agar koperasi dapat berfungsi dengan baik dan mampu mencapai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya, maka koperasi harus mampu bekerja secara efektif dan efisien serta membuka ruang untuk bermitra atau bisnis dengan pihak ketiga

“Koperasi harus berkembang. Pengembangan yang jadi salah satu strategi reformasi koperasi mendorong koperasi untuk berbisnis. Misalnya, Koperasi harus berani ikut lelang barang jasa, sehingga ikut bersaing dengan dengan perusahaan-perusahaan lain,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ia berpesan, melalui bimtek ini peserta pelatihan yang merupakan pengurus koperasi aktif dan pembina koperasi dapat mengikuti bimtek ini dengan seksama sehingga nantinya ilmu yang didapatkan bisa diterapkannya dalam kegiatan pengembangan koperasi di lapangan.

“Dengan pelatihan ini, diharapkan para peserta nantinya bisa menilai koperasi-nya sendiri dan mendorong koperasi menjadi lebih baik,” katanya. (vin)