Tips Olahraga Saat Berpuasa dari dr. Saddam Ismail

3 views
Tips Olahraga Saat Berpuasa dari dr. Saddam Ismail
dr. Saddam Ismail.

Rannews.co.id – dr. Saddam Ismail seorang dokter dan healthy vlogger, kali ini memberikan tips sehat olahraga saat puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Menurutnya tips ini terbukti ampuh dapat menurunkan berat badan bagi yang sedang menjalani program diet atau penurunan berat badan saat berpuasa.

Namun, dr. Saddam Ismail juga mengingatkan beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai olahraga saat puasa.

Artikel contoh

Sebagaimana dilansir Urbanjabar.com dari video ‘TIPS OLAHRAGA SAAT PUASA TERBUKTI AMPUH MENURUNKAN BERAT BADAN’ yang diunggah pada 12 Mei 2020 di kanal YouTube Saddam Ismail, berikut 5 tipsnya.

1. Pilih jenis olahraga yang pas

Selama puasa, dr. Saddam Ismail menyarankan jenis olahraga yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Contohnya seperti berjalan, jogging, ataupun bersepeda.

Hal itu karena, jika olahraga yang dipilih berintensitas berat, khawatir dapat menyebabkan tubuh menjadi kelelahan dan dehidrasi kemudian akan mengganggu puasanya.

2. Pilih waktu olahraga yang tepat

Selanjutnya, tips yang kedua ialah memilih waktu yang tepat untuk melakukan olahraga agar tidak mengganggu aktivitas puasa.

dr. Saddam Ismail merekemondasikan 3 waktu terbaik untuk olahraga saat berpuasa, dinataranya 30 sampai 60 menit sebelum berbuka puasa, 1 jam setelah berbuka puasa atau setelah sholat tarawih dan setelah sahur.

Namun, ia juga mengingatkan untuk tidak memaksakan diri berolahraga jika tidak bisa melakukannya. Ditakutkan akan mengganggu aktivitas puasa, seperti lemas, mual, pusing. Alangkah baiknya kenali dulu kondisi diri sendiri.

3. Pastikan asupan makanan yang bergizi

Selama berpuasa, waktu makan hanya di waktu berbuka dan sahur saja, namun tetap harus memperhatikan asupan makanan yang sehat dan mencakupi kebutuhan gizi atau nutrisi.

dr. Saddam Ismail mengatakan, pastikan makanan yang dikonsumsi saat puasa itu terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, serta mineral.

Cakupan gizi karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari beras merah atau gandum. Sedangkan, untuk protein diperoleh dari dada ayam, ikan, daging tanpa lemak, telur dan tahu tempe.

Kemudian, dr. Saddam Ismail juga menyarankan untuk konsumsi lemak sehat seperti buah alpukat, sejenis kacang-kacangan, minyak zaitun dan vitamin yang diperoleh dari sayuran serta buah-buahan.

Lebih lanjut, dr. Saddam Ismail kembali mengingatkan agar tidak berlebihan saat berbuka puasa maupun saat sahur, makanlah sesuai porsi dan hindari makanan yang manis atau mengandung gula tinggi.

4. Pastikan asupan cairan tubuh terpenuhi

Pada saat sahur dan berbuka puasa, hendaknya perhatikan juga asupan cairan tubuh, bukan hanya mementingkan makanan saja.

dr. Saddam Ismail menyarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan minimal 8 gelas per hari ataupun 2 liter atara waktu berbuka puasa hingga sahur.

Dengan terpenuhinya asupan cairan yang cukup dapat mencegah tubuh dehidrasi saat berpuasa, apalagi jika berolahraga.

5. Pastikan istirahat yang cukup

Pada saat puasa, pastikan istirahat yang cukup dan hindari kurangnya tidur, sebab dapat mengganggu tubuh secara menyeluruh dari metabolisme hingga hormonal, sehingga memperlambat proses penurunan berat badan.

Oleh sebab itu, dr. Saddam Ismail menyarankan agar tubuh tetap sehat dan bekerja secara optimal, minimal tidurnya 6 sampai 9 jam sehari. Untuk menyegarkan tubuh juga bisa tidur selama 15-30 menit di siang hari.

Demikian itu 5 tips olahraga saat puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar ala dr. Saddam Ismail. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa.***