Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Bulan Ramadhan

3 views
Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Bulan Ramadhan
Ilustrasi. Pexels.com

Rannews.co.id – Lelah bekerja (job burnout) tidak fit dan tidak semangat menjalani hari, dan bukan hanya rasa capek secara fisik, namun juga menurunnya kesehatan emosional karena pengaruh pekerjaan.

Terlebih Saat menjalani puasa Ramadhan ini ada banyak orang yang terlalu bekerja keras sehingga lupa memperhatikan kesehatan dan semangat mereka, ini bahaya loh!

Tapi jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak produktif, bermalas-malasan, tidak fit dan juga tidak semangat dalam bekerja ya karena Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui laman Instagram resmi @kemnaker yang diunggah hari ini Rabu, 6 April 2022 punya enam tips agar tetap semangat kerja, simak berikut ini:

1. Niat

Menurut Habib Novel Alaydrus di antara amal yang dikerjakan seorang mukmin dengan tujuan karena Allah adalah ketika seorang mukmin mengerjakan amal tersebut berharap mendapatkan ridha Allah, mendapatkan cinta Rasulullah SAW, berharap surga dan juga selamat dari siksa api neraka.

Karenanya meluruskan niat harus dilakukan seorang mukmin dalam setiap perbuatan, termasuk dalam bekerja.

BACA JUGA: Tips Olahraga Saat Berpuasa dari dr. Saddam Ismail

Karena niat menentukan kadar kualitas bekerja sebagai bagian ibadah agar tubuh juga selalu fit.

2. Atur jam tidur

Ngantuk saat puasa Ramadhan di tempat kerja disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh yang mengatur siklus bangun-tidur pada manusia yang menjadikan kamu tidak bersemangat dalam bekerja.

Oleh karena itu kalau bisa sempatkan istirahat atau tidur siang 20 – 30 menit, dan pada aktivitas malam hari hindari untuk tidak melakukan aktivitas lain seperti jalan-jalan atau begadang setelah melaksanakan salat tarawih dan aktivitas ibadah lainnya pada malam hari.

3. Kurangi kafein

Kurangi kadar meminum minuman yang mengandung kafein, meski Kafein diyakini mampu menambah energi bagi siapapun yang mengonsumsinya.

Untuk tetap fit dan semangat dalam bekerja dalam keadaan puasa, dengan mengurangi konsumsi kafein, tentunya tubuh anda akan menurunkan risiko tekanan darah juga mengurangi kafein bisa mengurangi gangguan tidur.

4. Menjaga kesehatan tubuh

Menjaga kesehatan tubuh penting dilakukan agar kita bisa beraktivitas dengan fit dan prima apalagi saat bekerja.

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang sangat penting. Hal ini karena dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh mudah lelah saat bekerja dan membangkitkan semangat pergi ke kantor.

5. Menjaga porsi makan yang cukup saat sahur

Meskipun hukumnya sunnah, makan sahur dalam puasa Ramadhan ternyata juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Makan sahur memberikan kita beberapa cadangan dalam bentuk energi untuk aktivitas seharian, namun jangan sampai terlalu berlebihan dalam makan sahur karena berakibat tidak baik juga untuk kesehatan.

6. Selingi kerja dengan kegiatan lain

Dalam bekerja seharian, janganlah kita monoton melakukan apa yang sesuai dengan job desc, luangkan waktu untuk mengambil kegiatan lainnya seperti membuat teh, jalan ringan, melihat pepohonan hijau di sekitar, juga membasuh muka.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan agar kita tidak cepat merasa bosan, jenuh dan tidak semangat dalam menjalani pekerjaan yang kita lakukan.

Nah, agar tetap semangat kerja, fit dan tetap produktif, Urbaners bisa melakukan tips dari Kementerian Ketenagakerjaan RI diatas.

Selamat Berpuasa, dan selamat menjalankan aktifitas bekerja.***