Indonesia Perintis Persamaan Hak Atlet Penyandang Disabilitas

4 views
Sumber : menpan.go.id

RANNEWS.CO.ID, SOLO – Sejumlah negara memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Indonesia karena dianggap menjadi perintis dalam memperjuangkan persamaan hak, antara atlet penyandang disabilitas dan atlet nondisabilitas.

Banyak negara lain yang juga menginginkan hak sama antara atlet penyandang disabilitas dan atlet nondisabilitas. Indonesia ingin dijadikan contoh oleh mereka.

Demikian disampaikan International Relations National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Sukanti Rahardjo Bintoro, dalam konferensi pers di Media Center ASEAN Paragames 2022 pada Senin (1/8/2022).

“Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo atlet penyandang disabilitas yang meraih medali memperoleh bonus yang sama besar dengan atlet nondifabel. Ini pertama kalinya, sumber dana kita dari pemerintah dan kami sangat mengapresiasi itu,” kata Sukanti.

Ia melanjutkan, kabar ini didengar oleh negara lain yang tergabung dalam ASEAN Para Sports Federation (APSF) dan mereka ingin mengetahui lebih dalam sistem tersebut.

“Informasi itu dipakai oleh mereka untuk melobi pemerintah mereka sehingga sedikit demi sedikit kesenjangan antara atlet difabel dengan nondifabel menjadi lebih dekat,” kata Sukanti. (vin)