Kemenpora Dorong Pemuda Berdayakan Bakat Agar Bermanfaat Di Tengah Masyarakat

6 views
Sumber : kemenpora.go.id

RANNEWS.CO.ID, YOGYAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) merancang dan melahirkan program yang ditujukan untuk memantik dan memberdayakan bakat dan potensi para pemuda di penjuru tanah air. Program itu diimplementasikan dengan melalukan safari ke sejumlah daerah di Indonesia dalam tajuk Workshop dan Penganugrahan Kreativitas Pemuda Indonesia Tahun 2022.

“Kegiatan ini diinisiasi atas dasar kesadaran penuh untuk membangkitkan kembali kegiatan-kegiatan berbasis kreativitas. Kami ingin makin ada nyala semangat berkarya, berinovasi, berkreasi, dari generasi pemuda-pemuda Indonesia,” kata Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, di Hotel Citra Dream, Yogyakarta, Sabtu (23/7).

Untuk wilayah DI Yogjakarta kegiatan tersebut diadakan tanggal 22 s.d 23 Juli 2022. Diikuti 67 peserta yang merupakan pemuda-pemudi terpilih berasal dari berbagai latar belakang kampus dan pemuda di berbagai bidang keahlian dan kreativitas.

Faisal merasa senang dan berharap program ini bisa jadi pemantik dan wadah untuk para generasi muda terutama di kota pelajar dan kebudayaan seperti Jogja. “Apalagi ini Jogja, bisa dibilang kawah candradimuka kreativitas,” tambah Deputi Prof. Faisal Abdullah didampingi Asisten Deputi Kreativitas Pemuda Ibnu Hasan.

Selain itu, Faisal Abdullah yang aktif di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat juga mendorong anak-anak muda untuk tetap berkarya dan berdayaguna.

“Kalau kita tidak bergerak, berkarya, kita akan digilas zaman. Semua itu dimulai dari cara berpikir, yang menandakan generasi itu unggul bukan tentang usia, tapi karya dan itu yang menjadi nilai lebih dari sebuah generasi,” tegas Faisal.

“Pemuda-pemudi disini, saya yakin punya semangat untuk menularkan ilmu pengetahuannya ke tengah-tengah masyarakat,” tambahnya.

Selain sesi workshop, motivasi, dan diskusi grup, di akhir acara Faisal Abdullah memberikan sejumlah penghargaan kepada pemuda-pemudi berprestasi dengan kreatifitas di bidangnya.

“Semoga bisa menjadi motivasi lebih untuk terus berkarya dan menebar manfaat. Mereka (penerima penghargaan) orang hebat tetapi kalian (para peserta) juga hebat, hanya saja mungkin perlu menunjukkan peran yang lebih lagi. Pesan saya singkat saja, hidup ini cuma numpang lewat dan jangan lewatkan tanpa berperan. Hidup sekali hiduplah yang berarti,” pungkas Faisal Abdullah. (vin)