Cegah Penyebaran PMK, Polres Metro Bekasi Lakukan ini

2 views

RANNEWS.CO.ID, BEKASI – Jelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah, Kepolisian Resor Metro Bekasi menggelar pengecekan rutin dan berkala di seluruh peternakan sapi dan kambing di tiap sudut wilayah Kabupaten Bekasi.

Salah satu lokasi yang didatangi oleh anggota Polres Metro Bekasi bersama pihak terkait hari ini, Jumat (8/7/2022) adalah di PT. Kariyana Gita Utama, Desa Karang Mekar, Kecamatan Kedung Waringin. Kabupaten Bekasi.

“Hari ini bersama pihak terkait mengecek peternakan di Kedung Waringin,” kata Perwira Dokkes Polres Metro Bekasi dr. Hizkie di lokasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak baik itu sapi, domba dan kambing.

“Salah satu upaya mencegah penyebaran penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku),”ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan antara lain, pengecekan kondisi fisik pada hewan (sapi) dan kandang sebagai tempat penampungan.

“Semuanya kita cek baik itu hewan maupun kandangnya. Harus teliti karena virus ini tergolong ganas dan mudah menular, sehingga menjadi fokus pemerintah setempat dalam melakukan pencegahan,” jelasnya.

Hizkie yang didampingi Iptu Agus Ganda Atmaja juga memberikan edukasi tentang virus PMK. Pemeriksaan ini dilakukan pada 200 ekor sapi secara berskala dari Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Bekasi.

“Secara fisik, tidak ditemukan adanya hewan yang sakit maupun terjangkit wabah PMK. Upaya ini akan kami lakukan secara terus-menerus agar hewan yang akan di kurbankan nantinya layak untuk di konsumsi,” tukasnya.

Ia menuturkan, dengan adanya kegiatan (Pengecekan) ini maka dapat memberikan rasa aman pada masyarakat yang akan melaksanakan kurban di hari raya Idul Adha.

“Kami berharap semua hewan Qurban di Idul Adha ini aman dan sehat,” katanya. (vin)